Jumat, 25 Maret 2022
Hampir semua karyawan menghabiskan waktu sekitar 8 -10 jam setiap harinya di kantor. Karena itulah penting banget menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, supaya suasana kerja di kantor terasa menyenangkan. Membangun hubungan baik antar-rekan di lingkungan kerja bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan kesamaan minat dan hobi sebagai benang merah yang menguatkan keakraban tersebut.
Tetapi, ini bukan berarti Sobat Smart bebas berbagi informasi dengan teman kerja di kantor, lho! Bagaimanapun juga lingkungan kerja adalah lingkungan yang kompetitif, semua orang bisa menjadi kawan sekaligus lawan. Meskipun rekan kerja tersebut terbukti bisa dipercaya, tetap saja ada hal-hal dalam hidup Sobat Smart yang tidak layak untuk diutarakan dengan rekan kerja. Beberapa di antaranya sebagai berikut:
1. Masalah pribadi
Kantor adalah tempat bekerja, karena itu bersikaplah profesional. Seandainya Sobat Smart sedang bertengkar dengan orang tua atau sedang punya masalah dengan pasanganmu, jangan bahas hal tersebut dengan rekan kerja di kantor. Masalah pribadi lebih baik dibicarakan di luar kantor.
Lagipula tidak semua orang di kantor tertarik untuk mendengarkan masalah pribadimu. Daripada membuat suasana kerja jadi tidak nyaman, bukankah lebih baik jika Sobat Smart tidak membicarakan hal ini? Selain itu seberat apapun masalah pribadimu, saat tiba di kantor bersikaplah profesional. Tidak perlu menunjukkan wajah yang muram dan sedih.
2. Gaji yang diterima
Gaji adalah masalah yang sensitif. Karena itulah hal ini juga termasuk topik terlarang untuk dibicarakan di kantor. Biasanya pihak HRD kantor pun melarang karyawan untuk membicarakan hal ini. Setiap karyawan di kantor tentu mempunyai gaji yang berbeda-beda, walaupun berada dalam posisi dan divisi yang sama.
Bisa jadi gajimu jauh lebih tinggi daripada rekan kerjamu, atau sebaliknya. Kalau hal ini dibicarakan dengan rekan kerja, mungkin saja dia menjadi tidak puas dengan gajinya sendiri. Atau mungkin malah dia menjadi sebal dan iri sama Sobat Smart sehingga dapat membuat suasana kerja terasa tidak nyaman lagi kan jadinya.
3. Masalah dengan bos
Di lingkungan kerja, tidak selamanya hubungan antara Sobat Smart dan atasanmu berjalan dengan baik. Terkadang ada masalah yang membuat Sobat Smart kesal dengan beliau. Walaupun begitu, jangan pernah membicarakan masalah ini dengan rekan kerjamu.
Di dalam kantor semua orang bisa menjadi kawan atau lawan. Karena itu pintar-pintarlah membaca situasi. Kalau ada rekan kerjamu yang mengadu ke atasanmu, Sobat Smart tahu dong kira-kira apa yang akan terjadi? Daripada perjalanan karirmu jadi terhambat, lebih baik Sobat Smart kunci rapat-rapat mulutmu.
4. SARA dan politik
Salah satu topik hangat yang sering dibicarakan, yaitu tentang SARA (Suku, Agama, dan Ras). Sekalipun hal ini merupakan topik yang hangat, namun ini juga merupakan topik yang sangat sensitif. Di lingkungan kantor, tidak semua orang punya pemahaman yang sama dengan Sobat Smart tentang politik maupun SARA.
Selain itu hal ini juga tidak ada kaitannya dengan pekerjaanmu di kantor. Atasanmu belum tentu suka kalau Sobat Smart sering membahas hal ini di lingkungan kerja. Daripada karirmu jadi terhalang karena masalah SARA dan politik, lebih baik hindari membicarakan hal ini di kantor.
5. Riwayat kesehatan kamu
Hal terakhir yang juga pantang banget dibicarakan di kantor adalah tentang riwayat kesehatan Sobat Smart. Apapun penyakit yang pernah Sobat Smart derita atau penyakitmu saat ini, hal ini bukanlah untuk menjadi bahan gosip dengan rekan kerja. Cukup atasanmu dan HRD kantormu saja yang tahu.
Sering membahas tentang penyakitmu, malah akan membuat rekan-rekan kerjamu menganggapmu sebagai orang yang lemah, penyakitan, dan tidak bisa diandalkan. Bisa saja mereka jadi menjauhimu dan menolak untuk bekerja sama denganmu. Pasti rasanya tidak enak banget kan kalau Sobat Smart mengalami hal ini?
Semoga informasi di atas dapat menjadi manfaat bagi Sobat Smart untuk terhindar dari topik-topik yang pantang atau lebih baik dihindari saat mengobrol dengan rekan kerja di kantor. Tetap jaga hubungan baikmu dengan sesama rekan kerja, tapi ingat hal-hal privasi juga harus dijaga ya, Sobat Smart! Bagi Sobat Smart yang mungkin sedang butuh dana pinjaman yang aman dan cepat, bisa langsung klik disini ya. Dijamin pinjam dana ke SMART Multifinance akan selalu CERIA (Cepat, Ringan, dan Aman).
SMART Multifinance merupakan salah satu Perusahaan Pembiayaan terbaik di Indonesia yang memberikan fasilitas pembiayaan pinjaman modal usaha atau pinjaman dana tunai yang cepat, ringan dan aman. SMART Multifinance memberikan kemudahan untuk Anda yang membutuhkan dana darurat ataupun untuk pembiayaan konsumtif seperti: Pembiayaan properti (rumah, apartemen), Biaya pendidikan, Biaya perjalanan tour/liburan, Pembelian peralatan rumah tangga serta kebutuhan konsumtif lainnya. SMART Multifinance juga memberikan fasilitas pembiayaan pinjaman modal untuk perorangan, badan usaha, maupun badan hukum untuk memenuhi kebutuhan modal kerja / modal usaha. Cukup dengan jaminan BPKB mobil atau motor Anda, Anda dapat memenuhi kebutuhan finansial anda. Segera lakukan pengajuan kredit dengan klik disini ya.