Tips Manajemen Waktu Yang Baik

Jumat, 21 Januari 2022

24 jam sehari rasanya masih kurang? Hati-hati lho! Bisa saja Sobat Smart melakukan kesalahan dalam manajemen waktu. Sebab sebagaimana yang lainnya juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan kamu, tetapi mereka tetap bisa sukses dan mengembangkan kariernya. Hal ini tentu perlu menjadi perenungan tersendiri. Jangan sampai kita mengabaikannya, karena bisa jadi selama ini banyak waktu yang terbuang dengan percuma alias sia-sia. Dengan kata lain, membuang waktu sama aja kita membuang kesempatan dan peluang untuk meraih kesuksesan dalam hidup, serta kehilangan banyak hal berharga yang seharusnya bisa kita miliki saat ini. Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik sangatlah penting agar semua kewajiban dan target dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Nah, berikut ini 5 tips manajemen waktu yang dapat kamu terapkan sobat smart.


1. Membuat jadwal atau schedule

Membuat schedule akan mempermudah Sobat Smart untuk menentukan tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Karena banyaknya pekerjaan seringkali membuat kita menjadi lupa, sehingga membuat pencatatan jadwal yang baik akan sangat membantu Sobat.


2. Menyusun skala prioritas

Setelah memiliki schedule atau list pekerjaan, maka Sobat Smart dapat mendahulukan pekerjaan atau jadwal pengumpulan yang terdekat terlebih dahulu. Maka waktu Sobat akan lebih tertata secara efektif dan efisien.


3. Fokus pada hal yang sedang dikerjakan

Saat Sobat Smart sedang mengerjakan hal penting, jangan tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan seperti bermain media sosial atau main game. Hal tersebut dapat membuat Sobat menjadi tidak produktif dan merusak manajemen waktu kamu.


4. Hentikan kebiasaan menunda

Siapa disini yang hobinya nunda-nunda pekerjaan? Pada dasarnya, manusia memang hobi menunda. Mereka merasa lebih bersemangat saat mengerjakan pekerjaan mendekati deadline. Namun, kebiasaan ini sangatlah buruk karena dapat merusak tubuh serta pengerjaan yang kurang maksimal. Jadi, hentikan kebiasaan menunda dan sistem kebut semalam demi manajemen waktu yang baik.


5. Jaga pola tidur

Begadang akan membuat Sobat Smart menjadi mudah lelah dan sulit untuk fokus. Meskipun pekerjaan sedang banyak, namun tidurlah dengan cukup setiap malam, jangan terlalu paksa diri hingga tidak tidur sama sekali. Ingat! Kesehatan adalah nomor satu dan aset yang paling berharga.


Manajemen waktu akan lebih mudah jika Sobat Smart menerapkan kelima tips di atas. Ingatlah bahwa waktu tidak bisa diulang, sehingga kita harus memanfaatkannya sebaik dan semaksimal mungkin. Kamu yang harus mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur kamu. Selamat mencoba ya, Sobat Smart! 


SMART Multifinance merupakan salah satu Perusahaan Pembiayaan terbaik di Indonesia yang memberikan fasilitas pembiayaan pinjaman modal usaha atau pinjaman dana tunai yang cepat, ringan dan aman. SMART Multifinance memberikan kemudahan untuk Anda yang membutuhkan dana darurat ataupun untuk pembiayaan konsumtif seperti: Pembiayaan properti (rumah, apartemen), Biaya pendidikan, Biaya perjalanan tour/liburan, Pembelian peralatan rumah tangga serta kebutuhan konsumtif lainnya. SMART Multifinance juga memberikan fasilitas pembiayaan pinjaman modal untuk perorangan, badan usaha, maupun badan hukum untuk memenuhi kebutuhan modal kerja / modal usaha. Cukup dengan menjaminkan BPKB mobil atau motor Anda, Anda dapat memenuhi kebutuhan finansial anda. Segera lakukan pengajuan kredit dengan klik disini ya.