3 Kebiasaan yang Bisa Menyederhanakan Masalah Keuangan Usaha

Rabu, 02 Mei 2018

service 01

Mengurus keuangan usaha bagi sebagian orang adalah masalah yang berat. Namun, tahukah Anda? Jika seorang pengusaha telah terbiasa menyederhanakan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah keuangan, maka mengurus keuangan menjadi mudah dan tidak serumit yang Anda bayangkan. Di bawah ini akan kita bahas 3 hal penting yang dapat membantu Anda menyederhanakan masalah keuangan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

 

Memisahkan Keuangan Pribadi & Perusahaan

Walaupun hal ini sudah banyak dibicarakan, namun tetap saja banyak pengusaha pemula yang merasa sulit memisahkan keuangan pribadi dan usaha. Ada kalanya mereka lupa membayar keperluan bisnis dengan kartu kredit pribadi. Demikian juga sebaliknya, kadang mereka membayar keperluan pribadi dengan uang usaha. Meski terlihat sepele, hal ini bisa berimbas pada pencatatan keuangan usaha. Seorang akuntan atau pemegang pembukuan akan kesulitan untuk  mengelompokkan pencatatan biaya jika tidak ada pemisahan antara keuangan pribadi dan usaha. Selain itu, menggabungkan keuangan pribadi dan usaha juga berisiko membuat keuntungan atau modal usaha berkurang.

 

Sisihkan Waktu Akuntansi Mingguan

Beberapa pemilik usaha kecil sangat disiplin dalam mengurus bisnisnya setiap hari. Mereka melakukan email selama satu jam setiap pagi, melakukan riset bisnis baru pada hari Jumat sore. Mereka melakukan manajemen persediaan pada awal dan akhir minggu dan memperbarui situs web mereka pada hari Rabu. Akuntansi juga membutuhkan keteraturan yang sama. Cobalah sisihkan waktu selama 60 menit seminggu untuk memeriksa pembukuan usaha. Lihatlah apakah semua pencatatan sudah pada tempatnya. Diskusikan segera mungkin jika ada kekeliruan atau kejanggalan dalam pelaporan keuangannya. Meneliti pembukuan atau akuntansi Anda setiap minggu, akan memudahkan Anda untuk menyusun laporan bulanan maupun akhir tahun tanpa takut menyisakan kecemasan karena banyaknya pencatatan yang tidak sesuai pada tempatnya. Di samping itu, meneliti kesalahan kecil akan lebih mudah ketimbang harus mengoreksi kesalahan besar yang diakibatkan ketidaktelitian yang menumpuk dalam pembukuan.

 

Mendapatkan Pembayaran Tepat Waktu

Dalam sebuah bisnis, hal terpenting dari sebuah transaksi adalah memperoleh pembayaran. Pembayaran adalah bahan bakar yang akan membuat perusahaan tetap berjalan, membuat arus kas masuk menjadi bertambah, sehingga memungkinkan Anda melakukan apa yang ingin Anda lakukan seperti merekrut karyawan baru, memulai bisnis baru, memperluas usaha, menambah cabang, mulai berjualan online, dan lain sebagainya. Mengirimkan faktur atau invoice yang akurat dan profesional adalah langkah pertama untuk mendapatkan bayaran atas produk atau layanan Anda. Ingatlah untuk mengirim faktur tepat setelah selesai pengiriman barang. Jangan menunggu sampai Anda berpikir pelanggan atau klien sudah siap untuk melakukan pembayaran. Semakin cepat Anda mengeluarkan faktur, semakin cepat Anda akan dibayar.

source : jurnal.id